Mari Membudidayakan Sidat

Ikan sidat (Anguilla sp) mungkin belum terlalu dikenal oleh banyak orang di sini. Tapi, di berbagai negara ikan sidat jadi makanan primadona yang harganya sangat sangat mahal. Ikan yang mampu melipatgandakan vitalitas pria serta baik bagi ibu hamil dan tumbuh kembang anak ini sarat dengan kandungan gizi. Kandungan vitamin A mencapai 4.700 IU/100 gram, sedangkan hati ikan sidat lebih tinggi lagi, yaitu15.000 IU/100 gram. Lebih tinggi dari kandungan vitamin A mentega yang hanya mencapai 1.900 IU/100 gram. Bahkan kandungan DHA ikan sidat 1.337 mg/100 gram mengalahkan ikan salmon yang hanya tercatat 820 mg/100 gram atau tenggiri 748 mg/100 gram. Sementara kandungan EPA ikan sidat mencapai 742 mg/100 gram, jauh di atas ikan salmon yang hanya 492 mg/100 gram dan tenggiri yang hanya 409 mg/100 gram.

Dari segi bisnis, membudidayakan (atau lebih tepat membesarkan) ikan sidat dipandang sebagai suatu usaha yang berprospek cerah dan sangat menguntungkan. Biaya produksi rendah sementara harga jualnya sangat tinggi. Keuntungannya bisa berlipat-lipat hanya dalam waktu singkat. Anda ingin coba membudidayakan dan membisniskannya? Mengapa tidak? Mari kita mulai.

Permintaan Ekspor
Permintaan ekspor sidat dari sejumlah negara ke Indonesia cukup banyak, namun pembudidaya dan pengusaha Indonesia belum bisa memanfaatkan peluang ini. Membudidayakan sidat tidak memerlukan investasi yang tinggi: cukup dengan bak, kolam atau keramba jaring apung (KJA) lalu tambahkan paralon sebagai tempat “persembunyiannya”(di siang hari sidat suka sembunyi untuk menghindari cahaya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s